Nilai yang dihidupkan melalui Prakarya dan Kewirausahaan:
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik mampu:
Percaya Diri
Perasaan positif terhadap diri sendiri, dan keyakinan akan kemampuan
diri dalam melakukan suatu hal yang didasari atas kemampuan mengevaluasi
dan pengenalan terhadap potensi diri sendiri. Kepercayaan diri
dibutuhkan untuk memulai kerja dan usaha.
Kreativitas
Kemampuan untuk memiliki pemikiran yang baru, berbeda, dan beragam untuk
memecahkan suatu masalah. Kreativitas memerlukan kemampuan untuk
melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Kreativitas dapat
muncul dari sikap mental yang tidak kaku, penuh toleransi serta
ketertarikan kepada hal yang baru dan belum diketahui.
Tekun
Sikap bersungguh-sungguh, teliti, sabar dan terus-menerus dalam
melakukan suatu pekerjaan. Ketekunan dalam bekerja dibutuhkan untuk
menghasilkan karya produk yang baik dan berkualitas tinggi.
Jujur
Sikap positif yang ditunjukan dengan keselarasan kata dan perbuatan,
mengatakan kebenaran dan tidak melakukan kebohongan. Sikap jujur akan
mendatangkan ketenangan pikiran dan kepercayaan dari lingkungan.
Pantang Menyerah
Sikap bertahan untuk mencapai tujuan, meski menghadapi tantangan dan
kegagalan. Sikap tersebut didasari oleh motivasi dan keinginan yang
kuat, serta kepercayaan diri.
Kerjasama
Kemampuan bekerjasama mutlak dimiliki untuk dapat menjadi bagian dalam
kehidupan bermasyarakat.Kemampuan bekerjasama dilandasi dengan toleransi
yaitu sikap untuk menghargai perbedaan.
Kerajinan
Kerajinan atau dalam bahasa Inggris kita kenal dengan handicraft, dapat
dipahami sebagai produk yang menuntut keterampilan tangan. Produk
kerajinan adalah produk yang dihasilkan melalui keterampilan tangan dan
keterampilan berpikir dalam mengolah suatu bahan atau material sehingga
menghasilkan estetika atau keindahan sekaligus fungsi tertentu. Produk
kerajinan memiliki nilai yang tinggi karena menuntut kemampuan berkarya
menggunakan keterampilan tangan, baik tanpa menggunakan alat bantu
maupun dengan menggunakan alat bantu rhana.Prakarya kerajinan akan
mengajak kita mengenali karakter material dan teknik pengolahannya untuk
menghasilkan estetika atau keindahan. Pemahaman tentang seluk beluk
suatu kerajinan akan membuat kita dapat mengapresiasi dan menghargainya.
Pada kerajinan, keterampilan tangan harus disertai dengan ketelitian,
kesungguhan, dan kesabaran dalam melakukan prosedur atau tahap-tahap
pengerjaan produk agar dapat dihasilkan produk yang baik dan
berkualitas. Kerajinan pada prosesnya melibatkan sekumpulan orang yang
bekerja bersama dengan penuh toleransi, dan semangat kebersamaan.
Kerajinan umumnya dihasilkan dari material yang khas dari daerah
tersebut.Pengembangan kerajinan dapat didukung oleh penciptaan alat
bantu sederhana yang baru, sistem kerja yang tepat yang mendukung
kelestarian lingkungan,kemasan yang baik serta informasi yang lengkap
tentang produk kerajinan tersebut. Sehingga kerajinan diapresiasi dengan
lebih baik lagi oleh masyarakat luas. Kerajinan yang berkualitas,
mengangkat kekhasan daerah, dan dilakukan oleh masyarakatnya memiliki
nilai jual yang tinggi, dan dapat dimanfaatkan untuk lingkungan dan
kesejahteraan bersama.
PETA MATERI
Kerajinan dan Wirausaha Tekstil
Tujuan pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, peserta didik mampu:
- Mengapresiasi keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman roduk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
- Mengidenti_kasi karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan ketersediaan sumber daya alam yang tersedia
- Menganalisis proses produksi kerajinan tekstil di wilayah setempat dan jiwa wirausaha kerajinan melalui pengamatan dari berbagai sumber
- Membuat karya kerajinan tekstil yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur
- Menyajikan hasil analisis sikap dan perilaku wirausaha kerajinan tekstil
No comments:
Post a Comment