Soal 1-25 berasal dari situs http://pelangi-sosiologisma.blogspot.com/2008/09/nilai-dan-norma-
sosial.html dan 26-50 dari buku paket.
1. D. alasannya : Menurut C.Kluckhohn semua nilai kebudayaan alam pada dasarnya ada lima:
a)nilai hakikat hidup manusia.
b)nilai mengenai hakikat karya manusia.
c)nilai hakikat dari kedudukan manusia dalam ruang dan waktu.
d)nilai dari hubungan manusia dengan alam sekitar.
e)nilai dari hubungan manusia dengan sesamanya.
2. E. Norma Sosial Dilihat dari Sumbernya
1)Norma agama,yakni ketentuan hidup yang bersumber dari ajaran agama(wahyu dan revelasi)
2)Norma kesopanan,ketentuan hidup yang berlaku dalam interaksi sosial masyarakat
3)Norma kesusilaan,ketentuan yang bersumber pada hati nurani,moral,atau filsafat hidup.
4)Norma hukum,ketentuan tertulis yang berlaku dari kitab undang-undang suatu negara
3. A. Fungsi Norma Sosial
a)Sebagai pedoman atau patokan perilaku pada masyarakat
b)Merupakan wujud konkret dari nilai yang ada di masyarakat
c)Suatu standar atau skala dari berbagai kategori tingkah laku masyarakat
4. C. Kimbali Young .nilai sosial adalah asumsi abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang
benar dan apa yang penting
5. A. A.W.Green.nilai sosial adalah kesadaran yang secara relatif berlangsung disertai emosi
terhadap objek.
6. B. Woods.nilai sosial merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang
mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan.
7. E. Nilai social menurut pengertian global adalah konsepsi abstrak dalam diri manusia mengenai
apa yang di anggap baik dan buruk
8. D. Niali social menurut B Simanjuntak adalah : merumuskan suatu ide ide masyarakat tentang
sesuatu yang baik
9. D. Nilai sosial dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
1)Nilai material (berguna untuk jasmani manusia)
2)Nilai vital (berguna untuk aktivitas manusia)
3)Nilai kerohanian (berguna untuk sumber akal,perasaan dan keagamaan)
10. D. Norma merupakan ukuran yang digunakan oleh masyarakat untuk mengukur apakah tindakan
yang dilakukan merupakan tindakan yang wajar dan dapat diterima atau tindakan yang tdk
menyimpang.
11. A. Tata Cara .merupakan norma yang menunjuk kepada satu bentuk perbuatan sanksi yang
ringan terhadap pelanggarnya.Misal:aturan memegang garpu dan sendok saat makan dan
penyimpangannya:bersendawa saat makan
12. D. Hukum.merupakan norma yang bersifat formal dan berupa aturan tertulis.Sanksinya tegas
dan merupakan suatu rangkaian aturan yang ditujukan kepada anggota masyarakat yang beirsi
ketentuan,perintah,kewajiban dan larangan agar tercipta ketertiban dan keadilan.
13. D. Adat.merupakan norma yang tidak tertulis namu kuat mengika sehingga anggota masyarakat
yang melanggar adat akan menderita karena sanksi keras yang kadang secara tidak langsung
seperti pengucilan,dikeluarkan dari masyarakat,atau harus memenuhi persyaratan tertentu.
14. C. Tata Kelakuan.merupakan norma yang bersumber kepada filsafat,ajaran agama dan ideolagi
yang dianut masyarakat.Tata kelakuan di satu pihak memaksakan suatu perbuatan dan di lain
pihak melarang suatu perbuatan sehingga secara langsung ia merupakan alat pengendalian sosial
agar anggota masyarakat menyesuaikan tindakan-tindakan itu.
15. B. tata Kebiasaan.merupakan cara bertindak yang digemari oleh masyarakan dan dilakukan
berulang-ulang,mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar dari tata cara,misal:membuang
sampah pada tempatnya dan penyimpangannya:membuang sembarangan dan mendapat teguran
bahkan digunjingkan masyarakat.
16. A. Norma agama,yakni ketentuan hidup yang bersumber dari ajaran agama(wahyu dan revelasi)
17. C. Norma kesusilaan,ketentuan yang bersumber pada hati nurani,moral,atau filsafat hidup.
18. B. Norma kesopanan,ketentuan hidup yang berlaku dalam interaksi sosial masyarakat
19. D. Norma hukum,ketentuan tertulis yang berlaku dari kitab undang-undang suatu negara
20. E. Norma Sosial Dilihat dari Sumbernya
1)Norma agama,yakni ketentuan hidup yang bersumber dari ajaran agama(wahyu dan revelasi)
2)Norma kesopanan,ketentuan hidup yang berlaku dalam interaksi sosial masyarakat
3)Norma kesusilaan,ketentuan yang bersumber pada hati nurani,moral,atau filsafat hidup.
4)Norma hukum,ketentuan tertulis yang berlaku dari kitab undang-undang suatu negara
21. E. Nilai sosial merupakan konstruksi abstrak dalam pikiran orang yang tercipta melalui interaksi
sosial,
Nilai sosial bukan bawaan lahir, melainkan dipelajari melalui proses sosialisasi, dijadikan milik
diri melalui internalisasi dan akan mempengaruhi tindakan-tindakan penganutnya dalam
kehidupan sehari-hari disadari atau tanpa disadari lagi (enkulturasi),
Nilai sosial memberikan kepuasan kepada penganutnya,
Nilai sosial bersifat relative,
Nilai sosial berkaitan satu dengan yang lain membentuk sistem nilai,
sistem nilai bervariasi antara satu kebudayaan dengan yang lain,
Setiap nilai memiliki efek yang berbeda terhadap perorangan atau kelompok,
Nilai sosial melibatkan unsur emosi dan kejiwaan, dan
Nilai sosial mempengaruhi perkembangan pribadi.
Berbagai macam norma dalam masyarakat
Dilihat dari tingkat sanksi atau kekuatan mengikatnya terdapat:
22. D.Tata cara atau usage. Tata cara (usage); merupakan norma dengan sanksi yang sangat ringan
terhadap pelanggarnya, misalnya aturan memegang garpu atau sendok ketika makan, cara
memegang gelas ketika minum. Pelanggaran atas norma ini hanya dinyatakan tidak sopan.
Kebiasaan (folkways). Kebiasaan (folkways); merupakan cara-cara bertindak yang digemari oleh
masyarakat sehingga dilakukan berulang-ulang oleh banyak orang. Misalnya mengucapkan
salam ketika bertemu, membungkukkan badan sebagai tanda penghormatan kepada orang yang
lebih tua, dst.
Tata kelakuan (mores). Tata kelakuan merupakan norma yang bersumber kepada filsafat, ajaran
agama atau ideology yang dianut oleh masyarakat. Pelanggarnya disebut jahat. Contoh: larangan
berzina, berjudi, minum minuman keras, penggunaan napza, mencuri, dst.
Adat (customs). Adat merupakan norma yang tidak tertulis namun sangat kuat mengikat, apabila
adat menjadi tertulis ia menjadi hukum adat.
Hukum (law). Hukum merupakan norma berupa aturan tertulis, ketentuan sanksi terhadap siapa
saja yang melanggar dirumuskan secara tegas. Berbeda dengan norma-norma yang lain,
pelaksanaan norma hukum didukung oleh adanya aparat, sehingga memungkinkan pelaksanaan
yang tegas.
23. C. Nilai vital (berguna untuk aktivitas manusia)
24. D. Nilai kerohanian (berguna untuk sumber akal,perasaan dan keagamaan)
25. B. Nilai material (berguna untuk jasmani manusia)
26. B. Sementara itu nilai budaya dan nilai social didefinisikan sebagai konsepabstark mengenai
masalah dasar yang sangat penting dalam kehidupan manusia (paket halaman 59)
27. A. Nilai berfungsi sebagai landasan alasan Dan motivasi dalam segala tingkah laku dan
perbuatan manusia. (paket halaman 61)
28. E. Menurut Prof Dr. suprapto fungsi nilai dapat di bagi menjadi 5 adalah sbb. :
Dapat mengarahkan masyarakat dalam berfikir dan bertingkah laku
Sebagai alat solidaritas di kalangan kelompok anggota masyarakat. Dengan nilai tertentu
Anggota kelompok akan merasa sebagai 1 kesatuan
Sebagai alat pengawas /control perilaku manusia dgn daya twkan dan daya mengikat tertentu
agarorang mau berperilaku menurut system nilai
Dapat menyumbangkan seperangkat alat untuk menetapkan harga social suatu masyarakat
sebagai penentu akhir manusia dalam memenuhi peranan peranan social (paket halaman61)
29. A. Nilai dominan adalah nilai yang lebih penting di bandingkan dengan nilai lainnya.(paket 63.)
30. A. nilai yang telah menjadikan kita kebiasaan dan kepribadian sehingga terkdang seseorang
melakukannya tanpa berfikir atau pertimbangan lagi disebut internalized value (paket 65)
31. C. bilai nilai merupakan sesuatu yang baik diinginkan dan dicita citakan oleh masyarakat maka
Norma adalah sebagai wujud perealisasiannya. (paket 69)
32. B. Norma social di bagi menjadi 2 yaitu formal dan Informal. (paket halaman69)
33. C. Salalah satu contoh nilai kebangga dalam kehidupan nyata adalah bangga karena dirinya
menyandang gelar sarjana (paket halaman 65)
34. D. salah satu perwujudan mengenai banyaknya pengikut nilai domain itu adalah sebagian besar
masyarakat menghendaki perubahan ke lebih baik lagi (paket halaman 65)
35. A. Salah satu contoh nilai real berapa lama nilai itu dianut dan digunakan. Contohnya tradisi
tradisi yang ada di Indonesia (paket halaman 65)
36. D
37. D
38. D
39. D
40. D
41. A. Nilai tidak hanya terkandung dalam sesuatu yang berwujud benda material saja atau yang
bersifat konkret tetapi juga ada yang bersifat abstrak (paket halaman 67)
42. B. Nilai immaterial adalah nilai yang sulit diubah contohnya : ideology, gagasan, pemikiran ,
system politik dan peraturan peraturan (paket halaman 67)
43. B. Norma atau kaidah sangat diperlukan oleh masyarakat dalam mengatur hubungan antara
anggota masyarakat. (paket halaman 69)
44. D. setiap norma selalu disertai denga sanksi Sebagai hadiah atau wujud pertanggung
jawabannya(paket halaman 69)
45. A. Norma hanya berlaku di wilayah tertentu (paket halaman 69)
46. A. Apabila norma di dalam keluarga tidak dijalankan dengan baik maka akan timbul masalah
yang disebut disorganisasi Keluarga (paket halaman 69)
47. D. Dalam setiap norma selalu ada pelanggaran Dengan berbagai alasan (paket halaman 69)
48. B. Oleh karena itu setiap kali ada norma baru harus diaadakan Penyosialisasian (paket halaman
69)
49. E. Contoh dari norma formal adalah peraturan yang tertulis : Konstitusi, perda, peraturan pusat,
SK dll. (paket halaman 69)
50. B. Jumlah sumber sumber norma informal adalah lebih banyak dari norma formal (paket
halaman69)
PERTANYAAN
1. Mengapa norma moral merupakan norma tertinggi? Dan dalam bentuk
apakah norma moral dapat dirumuskan?
Jawab:
Norma moral merupakan norma tertinggi karena norma moral menentukan
apakah perilaku seseorang itu baik atau buruk dari sudut etis. Norma moral
lebihunggul daripada norma lain, ia tidak dapat dikalahkan oleh norma lain.
Malah norma moral menilai norma-norma lain, sehingga norma lain tunduk
pada norma moral. Norma moral dapat dibagi dalam dua bentuk, yaitu bentuk
positif dan bentuk negatif. Dalam bentuk positif, norma moral sebagai
perintah yang menyatakan apa yang harus dilakukan. Dan dalam bentuk
negatif, norma moral sebagai larangan yang menyatakan apa yang tidak boleh
dilakukan.
2. SMA Musika Guna merupakan sekolah menengah atas yang mengedepankan
musik. Musik bisa dikatakan bagaimana sekolah itu pertama kali berdiri. Ada
sebuah kebiasaan yang melekat pada warga sekolah tersebut berupa aktivitas
musikal dimana setiap anak harus menyiapkan penampilannya dalam
bermusik dalam pertunjukan ‘show case’ yang diadakan 2 kali dalam setahun.
Setiap guru disana telah terbiasa mengajarkan seni musik kepada anak
didiknya. Ada semacam aturan tidak tertulis yang mengharuskan anak-anak
disana untuk bisa menunjukkan kemampuan mereka dalam bermusik. Guru-
guru disana dan orangtua dari anak tersebut akan memiliki semacam
kebanggaan jika anak-anak didik mereka bisa baik dalam bermusik. Namun,
disana anak yang tidak memiliki keterampilan dalam bermusik cenderung
dikucilkan dan memiliki hubungan kurang baik dengan teman-temannya,
bahkan kumpulan anak-anak yang kurang memiliki keterampilan bermusik
ini dimasukkan dalam kelas khusus. Berikan tanggapan Anda mengenai nilai
dan norma melalui kasus tersebut?
Jawab:
Norma merupakan aturan atau kaidah yang kita pakai sebagai tolak ukur
untuk menilai sesuatu. Norma yang terlihat di lingkungan sekolah tersebut
adalah kebiasaan gurunya mengajar anak didiknya bermusik, dan keharusan
anak-anak disana untuk bisa menunjukkan kemampuan mereka dalam
bermusik. Bagi yang tidak menuruti perintah guru mereka akan ditegur (halus
atau kasar).
Nilai merupakan sesuatu yang dicari, sesuatu yang menyenangkan, sesuatu
yang disukai dan diinginkan, sesuatu yang baik. Tetapi nilai juga ada yang
bersifat negatif. Nilai yang dapat kita lihat dari kasus tersebut ialah antara lain
nilai positifnya anak-anak yang sudah terampil dalam bermusik akan secara
tidak langsung membuat nama baik sekolahnya menjadi harum, guru dan
orangtua mereka bangga. Kemudian nilai negatifnya apabila anak tersebut
jelek penampilannya dalam bermusik ia akan dikucilkan di lingkungan
sekolah dan masuk ke dalam kelas khusus.
SOAL-SOAL TANPA JAWABAN
I. Pilihlah satu jawaban yang tepat!
1. Sesuatu yang bersifat objektif, berdasarkan
pandangan orang banyak, dan
dianggap pantas untuk dilaksanakan disebut
dengan ....
a. interaksi sosial d. nilai sosial
b. pranata sosial e. norma sosial
c. kontrol sosial
2. Alasan nilai dan norma sosial tidak bersifat
kekal adalah ....
a. perkembangan kebutuhan manusia
b. perkembangan kehidupan manusia
c. perubahan struktur pemerintahan
d. perkembangan pola pikir manusia
e. perubahan mendasar yang lambat
3. Sebuah nilai yang bersumber dari unsur
perasaan manusia adalah ....
a. etika d. spiritual
b. estetika e. idiil
c. religius
4. Berikut ini yang bukan merupakan ukuran
yang digunakan untuk menentukan
dominan tidaknya suatu nilai adalah ....
a. banyaknya orang yang menganut nilai
itu
b. lamanya nilai itu dirasakan oleh para
anggota
c. tingginya usaha untuk mempertahankan
nilai
d. tingginya kedudukan orang-orang
yang membawakan nilai
e. sebagai alat pengawas manusia
5. Apabila kebiasaan tidak semata-mata
dianggap sebagai cara perilaku saja,
namun sudah diterima sebagai norma
disebut ....
a. mores d. mode
b. usage e. custom
c. folkways
6. Petunjuk hidup yang berasal dari akhlak
atau hati nurani tentang baik buruk dalam
kehidupan masyarakat disebut norma ....
a. kesopanan d. kebaikan
b. kelaziman e. keakraban
c. kesusilaan
7. Berikut ini yang merupakan tujuan diciptakannya
norma sosial adalah ....
a. menekan masyarakat untuk mematuhi
nilai
b. memperkuat posisi pencipta nilai
c. meningkatkan solidaritas masyarakat
d. mengidentifikasikan anggota masyarakat
e. membakukan aturan tradisional
8. Norma hukum mempunyai sanksi yang
tegas dan jelas, karena pelaksanaannya
didukung oleh ....
a. masyarakat d. kekerasan
b. kesatuan e. kekuasaan
c. aparat
9. Berikut ini yang bukan termasuk hal-hal
yang berkaitan dengan mode adalah ....
a. diikuti banyak orang
b. merupakan salah satu norma utama
c. sifatnya berubah-ubah
d. gaya dan cara seseorang
e. memiliki kekuatan yang tetap
10. Norma dijadikan pedoman hidup dalam
memenuhi kebutuhan sosial, sebab ....
a. mengembangkan nilai persatuan dan
kesatuan
b. mengungkapkan rasa estetika
c. mengatur berbagai aktivitas
d. mengembangkan prinsip benar dan salah
e. menimbulkan keyakinan diri
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Sebutkan ciri-ciri nilai sosial!
2. Jelaskan jenis-jenis nilai menurut Notonagoro!
3. Sebutkan lima masalah pokok nilai dalam setiap kebudayaan menurut Clyde Kluckhohn!
4. Apakah fungsi nilai sosial?
5. Sebutkan fungsi norma sosial!
Analisis Kasus
Cermatilah dengan saksama wacana di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaanpertanyaan
yang berkaitan dengan wacana dan pokok bahasan pada bab ini!
Divonis Delapan Tahun, AKP Suparman Emosional
JAKARTA – Emosi AKP Suparman langsung meledak ketika Pengadilan Tipikor
memvonisnya delapan tahun penjara dengan denda Rp 200 juta subsider enam bulan penjara.
Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut dinyatakan terbukti bersalah
memeras saksi kasus dugaan korupsi PT Industri Sandang Nusantara, Tintin Surtini. Begitu
majelis hakim yang dipimpin Masrurdin Chaniago mengetukkan palu vonis, Suparman
langsung berdiri dan berteriak. “Banding! Pengadilan Kejam,” ujarnya lantang.
Dia melanjutkan mengekspresikan emosinya itu ketika meninggalkan ruang sidang.
“Bohong itu! Itu bukan fakta persidangan! Buat apa ada persidangan. Udah aja, langsung
ketok palu, salah!” kata perwira pertama polisi tersebut dengan nada tinggi. Menurut dia,
putusan hakim hanya menjiplak berita acara pemeriksaan (BAP). “Itu semua adalah bacaan
BAP, tidak ada fakta persidangan. Buat apa ada persidangan, langsung saja vonis, buat apa
keluarkan biaya persidangan,” ungkapnya.
Menurut dia, di antara 10 saksi, tidak seorangpun yang menyatakan bahwa dirinya
telah memaksa Tintin untuk menuruti kemauannya. “Percuma saja ada pengacara di sini.
Pengadilan kelam!” ujarnya. Kekecewaan atas vonis hakim ini juga ditunjukkan istri serta
anak laki-laki Suparman. Sesaat setelah hakim membacakan vonis, mereka langsung keluar
ruang persidangan sambil menangis. Reaksi berbeda ditunjukkan oleh Mudjiono, paman
Tintin. Dia merasa lega dan mengaku puas atas putusan hakim yang dijatuhkan kepada
Suparman. “Saya menyerahkan semua kepada pihak berwenang,” ujarnya.
Vonis hakim tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). JPU
menuntut Suparman dengan hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider
enam bulan penjara. Hal yang memberatkan terdakwa adalah keberadaannya sebagai penyidik
KPK justru bertindak melanggar hukum dan mencoreng institusi KPK. Selain itu, terdakwa
dianggap tidak berterus terang dan tidak menunjukkan penyesalan. Hal yang meringankan,
terdakwa berlaku sopan selama persidangan dan belum pernah dihukum.
Terdakwa memenuhi unsur menyalahgunakan jabatan dengan memaksa saksi Tintin
Surtini untuk memenuhi permintaannya. “Saksi memberikan sejumlah uang dan barang
karena terpaksa. Karena diancam akan dijadikan tersangka oleh terdakwa,” ungkap Hakim
Ad Hoc I Made Hendra Kusuma.
Menurut majelis hakim, pemerasan yang dilakukan Suparman diperkuat oleh bukti
uang pengembalian Rp100 juta yang diserahkan kepada Yunus, suami Tintin. “Terdakwa
mau mengembalikan uang tersebut kepada suami saksi setelah diminta. Asumsinya,
terdakwa telah menerima uang dari saksi lebih dari Rp100 juta,” jelas Hakim Ad Hoc Achmad Linoch.
Sumber: www.jawapos.com dengan perubahan.
Pertanyaan:
1. Bagaimana pendapatmu terhadap permasalahan dalam wacana di atas terkait dengan norma
hukum yang berlaku di Indonesia?
2. Setujukah kamu dengan vonis yang dilakukan hakim kepada Suparman? Berikan alasanmu!
3. Dengan masalah yang disebutkan dalam wacana di atas, apakah sudah terbukti adanya
usaha untuk menegakkan supremasi hukum? Berikan alasanmu!
4. Berikan kesimpulan atas kaitkan wacana di atas dengan materi yang telah kamu pelajari
pada bab ini!
Soal UN Sosiologi dan Jawabanya
1. Tindakan sosial
masyarakat idealnya diarahkan untuk mewujudkan...
A. kaidah
B.
interaksi
C. pranata
D. norma
E. nilai
Pembahasan: Menurut Max Weber “tindakan sosial adalah tindakan seorang
individu yang dapat mempengaruhi individu-individu lainnya dalam masyarakat.
...tindakan sosial merupakan perwujudan dari hubungan atau interaksi sosial”
(Tim Sosiologi, 2001:18).
Jawaban: B. interaksi
2. Perhatikan contoh berikut!
1. Pertandingan sepakbola antarklub di Jakarta.
2. Pabrik itu dirikan secara patungan.
3. Di antara pihak-pihak yang bertikai timbul rasa benci.
4. Terjadi perang urat saraf antara A dan B.
Dari contoh di atas yang termasuk kontravensi adalah:
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E.
3 dan 4
Pembahasan: Kontravensi adalah proses disosiatif yang mengarah pada
penghancuran lawan secara tidak langsung (Sri dan Yusniati, 2007:131).
Jawaban: E. 3 dan 4
3. Nilai dalam interaksi sosial berperan sebagai...
A.
Pengendali tingkah laku
B. Pedoman pola pikir
C. Pendorong tindakan sosial
D. Petunjuk kehidupan sosial
E. Pembentuk budaya baru
Pembahasan: “peran nilai dan norma dalam yang ada di masyarakat sebagai
pengendali agar tercipta ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat” (Sri dan Yusniati,
2007:21).
Jawaban: A. Pengendali tingkah laku
4. Fungsi nilai sosial dalam kehidupan masyarakat adalah...
A. Memberi contoh tentang perilaku yang baik
B.
Sebagai pengawas perilaku manusia
C. Membedakan hal-hal yang disukai dan tidak disukai
D. Gambaran tentang anjuran dan larangan
E. Memberi arah tentang perilaku baik
Pembahasan: Salah satu fungsi nilai sosial adalah “alat pengawas dengan
daya tekan dan daya pengikat tertentu”. Sementara itu fungsi nilai sosial yang
lain adalah “a. Alat solidaritas dalam masyarakat; b. Petunjuk arah cara
berpikir, berperasaan, bertindak, dan penentu dalam memenuhi peran sosial; d.
Faktor pendorong seseorang meraih cita-cita; e. Benteng perlindungan dan
menjaga stabilitas budaya kelompok masyarakat” (Sri dan Yusniati, 2007:25).
Jawaban: B. Sebagai pengawas perilaku manusia
5. Norma dijadikan pedoman hidup dalam memenuhi kebutuhan sosial sebab...
A. Mengembangkan nilai persatuan dan patriotisme
B. Mengungkapkan rasa estetika
C.
Mengatur berbagai aktifitas
C. Mengembangkan prinsip benar salah
D. Menimbulkan keyakinan diri yang amat kurang
Pembahasan: Apabila berkaitan dengan norma maka di antara pilihan itu yang
mendekatainya adalah mengembangkan prinsip benar salah.
Jawaban: C. Mengembangkan prinsip benar salah.
6. Suami istri berhak berciuman. Akan tetapi, di Indonesia pasangan suami
istri ini tidak melakukannya di depan umum karena bertentang dengan dengan
norma...
A. Agama
B. Hukum
C.
Kesusilaan
D. Kesopanan
E. Kebiasaan
Pembahasan: Norma kesusilaan adalah “norma yang bersumber dari hati nurani
atau akal manusia. Nilai ini bersifat universal karena setiap individu pasti
memilikinya hanya bentuk perwujudannya saja yang berbeda. Misalnya, dilarang
berciuman di muka umum” (Sri dan Yusniati, 2007:27).
Jawaban: C
7. Perhatikan hal-hal berikut!
1) Menamkan nilai dan norma yang dianut masyarakat
2) Membentuk kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas
3) Sarana pemenuhan kebutuhan hidup individu dan kelompok
4) Sebagai dasar pembentukan kepribadian seseorang
Dari pernyataan di atas yang termasuk peran sosialisasi primer dan
sosialisasi sekunder adalah...
1. 1 dan 2
2. 1 dan 3
3. 1 dan 4
4. 2 dan 3
5. 3 dan 4
Pembahasan: “Sosialisasi primer adalah sosialisasi pertama yang dijalani
individu semasa kecil pada saat ia tercatat sebagai anggota masyarakat melalui
agen-agen sosialisasi utama. Proses ini dimulai pada saat seseorang berusia
anak-anak atau belum sekolah untuk mengenal keadaan lingkungan keluarga, teman
sepermainan, tetangga, dan sebagainya.” Sementara itu, “sosialisasi sekunder
berlangsung di luar keluarga melalui agen, teman bermain, sekolah, dan media
massa.” (Sri dan Yusniati, 2007:75).
Jawaban: A
8. Salah satu faktor yang memengaruhi kepribadian seseorang yang berkaitan
dengan
kondisi fisik tempat tinggal adalah...
A. Warisan biologis
B. Lingkungan geografis
C. Lingkungan budaya
D. Lingkungan sosial
E. Lingkungan bermain
Pembahasan: Lingkungan fisik merupakan salah satu faktor memengaruhi
kepribadian seseorang. Lingkungan fisik berarti “perbedaan topografi, iklim,
kesuburan tanah, dan sumber daya alam”. Dalam opsi itu kiranya yang mendekati
pengertian tersebut adalah lingkungan geografis (Sri dan Yusniati, 2007:78).
Jawaban: B.
9. Salah satu contoh fungsi media massa dalam sosialisasi sekunder
adalah...
A. Memicu masyarakat menjadi konsumtif
B. Menanamkan nilai-nilai fundamental
C.
Membudayakan masyarakat secara formal
D. Menanamkan rasa tenteram dan damai
E. Menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat
Jawaban: C
10. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Kerusuhan dan kebakaran di bulan Mei 1998
2. Penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang
3. Pemerkosaan terhadap pembantu rumah tangga
4. Terganggunya keamanan di daerah perbatasan
Dari perilaku-perilaku di atas yang termasuk penyimpangan sekunder adalah
nomor...
1. 1 dan 2
2. 1 dan 3
3. 1 dan 4
4. 2 dan 3
5. 3dan 4
11. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Dikenakan hukuman kurungan
2. Dikucilkan dari masyarakatnya
3. Gosip lisan secara luas
4. Diharuskan membayar denda berupa uang atau barang
Pernyataan tersebut yang termasuk jenis pengendalian sosial yang berlaku
pada masyarakat tradisional adalah nomor...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban: C
12. Hukuman pidana bagi pelaku tindak pembunuhan termasuk contoh
pengendalian sosial dengan cara...
A. Antisipatif
B. Regulatif
C. Persuasif
D. Preventif
E. Koresif (Koersif)
13. Orang-orang yang menduduki lapisan sosial yang berdasarkan ukuran
kekuasaan, misalnya...
A. Orang yang berjasa dalam
suatu negara dalam hal agama
B. Semua guru yang bekerja
dengan tekun
C. Ilmuwan dan cendekiawan
D. Kaum ulama dan
cendekiawan
E. Para pejabat pemerintah
Jawaban: E
14. Pelapisan sosial berdasarkan sistem kasta bersifat tertutup sebab...
A. Sistem kasta hanya
dikenal di negara India
B. Kasta diperoleh melalui
keturunan dan berlaku seumur hidup
C. Masyarakat Bali sebagian
besar memeluk agama Hindu
D. Bentuk perkawinan dalam
masyarakat Hindu bersifat eksogami
E. Sejak India merdeka
pelaksanaan sistem kasta cenderung lunak
Jawaban: B
15. Penggolongan masyarakat ke dalam kelompok tertentu seperti pedagang,
pegawai, nelayan, pengusaha, pengrajin, dan pejabat pemerintah merupakan
diferensiasi sosial berdasarkan....
A. Peranan
B. Suku
C. Agama
D. Ras
E. Profesi
Jawaban: E
16. Pernyataan di bawah ini:
1. Terjadinya pertentangan antara kubu pendukung Persib dengan pendukung
Persija
2. Dilakukan musyarawah untuk menyelesaikan pertikaian
3. Diselesaikannya pertentangan antara keluarga dan Amir dan Bima di
pengadilan
4. Saat demonstrasi mahasiswa berlangsung di sekitar Semanggi Jakarta,
terjadi pula penjarahan besar-besaran yang dilakukan oleh orang-orang tidak
bertanggungjawab
Perbedaan antara konflik dan kekerasan dapat dilihat pada pernyataan...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban: C
17. Ketika para siswa hendak mengadakan widyawisata, terjadilah perbedaan
pendapat dalam menentukan obyek. Untuk mencapai mufakat diadakan voting. Contoh
penyelesaian konflik tersebut termasuk bentuk akomodasi...
A. Subjugation
B. Stalemate
C. Majority rule
D. Elimination
E. Integration
18. Pada prinsipnya status seseorang dapat diperoleh dengan cara-cara
bersifat...
A. Subjektif, objektif, dan Otomatis
B. Otomatis, ada usaha, dan subjektif
C. Konflik, Simbol, dan Assigned
D.
Ascribed, Achieved, dan Assigned
E. Ascribed, Otomatis, dan Assigned
Jawaban: D
19. Perhatikan beberapa saluran mobilitas sosial vertikal berikut ini...
1) Alih profesi dari pegawai menjadi pedagang
2) Rotasi kepala sekolah dari SMAN 5 ke SMAN 1
3) Seluruh siswa kelas tiga sosial SMA Belawan diterima di beberapa
perguruan tinggi negeri dan swasta.
4) Pak Hadi seorang guru sosiologi dari SMA Bangka pindah menjadi guru
sosiologi di Belitung
5) Seorang menteri di salah satu negara menjadi anggota salah satu partai
Di antara pernyataan di atas yang tergolong ke dalam mobilitas vertikal
adalah ...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
Jawaban: B
20. Contoh mobilitas vertikal ke atas di bidang pendidikan adalah ...
A. Rianto mendapat promosi jabatan sebagai kepala seksi kantor
B.
Di antara teman sekelasnya hanya Abdi yang lulus SNMPTN
C. Dia mendapat keuntungan dari menjual buku pelajaran
D. Tino dapat membeli sepeda yang baru setelah sepedanya rusak
E. Pak Ahmad menggantikan Pak Nurdin menjadi RT di kampung
Jawaban: B
21. Salah satu faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial yang berkaitan
dengan aspek geografis adalah ...
A. Perubahan standar hidup
B. Perubahan tingkah laku
C. Pertambahan penduduk
D. Perbedaan jenis kelamin
E.
Perubahan lingkungan alam
Jawaban: E
22. Faktor penyebab adanya primordialisme adalah ...
A. Kesetiaan terhadap sesuatu yang dimiliki sejak lahir
B. Fanatisme yang berlebihan dan meremehkan budaya asing
C. Sikap tertutup terhadap budaya asing karena rasa curiga
D. Letak yang terisolasi sehingga tidak terpengaruh budaya asing
E. Takut sistem keseimbangan masyarakat goyah
23. Kemajemukan masyarakat Indonesia secara historis terdiri dari berbagai
suku bangsa. Hal ini dilatarbelakangi oleh ...
A. Isolagi geografis dan
kepulauan
B. Keragaman budaya dan potensi
alam
C. Penjajahan migrasi
penduduk
D. Perdagangan dan kekayaan
alam
E. Kontak sosial dan jumlah
penduduk
Jawaban: B
24. Di antara karya bangsa Indonesia yang dapat dijadikan tali pengikat
Indonesia yang mejemuk ...
A. Bahasa Indonesia dan
ideologi Pancasila
B. Partai politik
C. Angkatan bersenjata yang
kuat
D. Penataran P 4 bagi
masyarakat
E. Perguruan tinggi di
berbagai daerah
Jawaban: A
25. Kemajemukan masyarakat Indonesia dalam kehidupan keagamaan
dilatarbelakangi oleh kenyataan yaitu ...
A. Letak geografis dan
persimpangan lalu lintas dunia
B. Ideologi negara dengan
kebebasan negara
C. Keragaman suku bangsa di
wilayah nusantara
D. Perbedaan adat istiadat
antar kelompok sosial
E. Perbedaan kultur
pertanian ladang dengan sawah
Jawaban: A
26. Berkembangnya paham tradisional dalam kehidupan masyarakat majemuk,
seperti usaha membentuk perkumpulan atas dasar tempat kelahiran, suku bangsa,
agama, maupun kekerabatan, merupakan gejala sosial yang menunjukkan ...
A. Etnosentrisme
B. Politik aliran
C. Organisasi politik
D. Promordialisme
E. Sekularisme
27. Munculnya politik aliran dalam masyarakat, menyebabkan munculnya
organisasi yang berdasarkan ...
A. Kebangsaan
B. Pendidikan
C. Perubahan
D. Keagamaan
E. Perjuangan
Jawaban: D
28. Pengaruh kemajemukan masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan konflik
apabila ...
A. Semangat kebangsaan
anggota masyarakat lemah
B. Para pemimpin kurang
akomodatif dan responsif
C. Pendapatan per kapita
rendah dan banyak pengangguran
D. Moral masyarakat tidak
berdasarkan agama
E. Banyak tergantung pada
kemampuan bangsa lain
Jawaban: A
29. Sebagian masyarakat Indonesia beranggapan bahwa kebudayaan Barat lebih
tinggi daripada kebudayaan sendiri dan modernisasi tidak lain proses meniru
budaya Barat. Penyebab sikap yang keliru tersebut adalah ...
A. Masyarakat Indonesia
lebih terbuka
B. Kurang memahami makna modernisasi
C. Kurang kreatif dalam
menemukan penemuan baru
D. Menggunakan produk asing
meningkatkan status sosial
E. Bangga memiliki barang
impor yang berasal dari barat
Jawaban: B
30. Contoh perubahan yang berbentuk progres adalah ...
A. Listrik masuk desa
menyebabkan kenakalan remaja
B. Siaran televisi
menyebabkan murid malas belajar
C. Banyak wanita berpakaian
sangat minim
D. Penemuan komputer
memperlancar sistem informasi
E. Pemakaian robot yang
menyebabkan peangguran
Jawaban: B
31. Amatilah pernyataan berikut ini!
1. Terjadinya perubahan-perubahan (transformasi) sosial dan ekonomi
2. Konflik-konflik yang terjadi karena lompatan kebudayaan
3. Pemerintahan yang lemah dan korup
4. Kebudayaan judi yang berkembang tanpa aturan yang jelas
5. Terjadinya hambatan mobilitas vertikal
6. Pengembangan sikap mental yang keliru di zaman modern
Pernyataan-pernyataan di atas adalah merupakan ...
A. Faktor-faktor internal
yang merangsang munculnya tindak kejahatan
B. Faktor-faktor eksternal
yang merangsang munculnya tindak kejahatan
C. Faktor-faktor akulturasi
yang merangsang munculnya tindak kriminal
D. Faktor-faktor asimilasi
yang merangsang munculnya tidak kriminal
E. Faktor-faktor penghambat
munculnya tindak kriminal
32. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan terhadap modernisasi antara lain
...
A. Menimbulkan pemikiran yang
rasional pada masyarakat
B. Menjadikan masyarakat
lebih menghargai waktu
C. Memberikan perasaan
percaya diri pada masyarakat
D. Meningkatnya kontrol
sosial sehingga terwujud keteraturan
E. Dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
Jawaban: A
33. Fungsi pendidikan di sekolahan, yang berhubungan dengan kesinambungan
suatu bangsa antara lain ...
A. Sumber inovasi sosial
B. Agen perubahan budaya
C. Menjamin integrasi
sosial
D. Sarana sosialisasi
sekunder
E. Wadah penyaluran bakat
Jawaban: B
34. Unit sosial keluarga paling sedikit beranggotakan
A. Suami dan istri
B. Orang tua dan anak
C. Orang tua dan anak yang
belum kawin
D. Ayah, ibu, dan semua
anak yang sah
E. Ayah, ibu, anak kandung
dan anak tiri
Jawaban: A
35. Fungsi pranata agama bagi kehidupan manusia dalam menghadapi tantangan
hidup di dunia adalah ...
A. Memberi petunjuk ke arah
keselamatan duniawi
B. Memberi kemudahan ke
arah keselamatan akherat
C. Mencari keuntungan
duniawi dengan maksimal
D. Mengatasi ketidakberdayaan
dan keterbatasan manusia
E. Membuktikan kesetiaan
dan penghormatan kepada Tuhan
Jawaban: D
36. Contoh pengambilan sampel yang dilakukan oleh seorang peneliti yang
menjumpai adanya kelompok SD, SLTP, dan SLTA.
Hal tersebut termasuk ke dalam sampel ...
A. Random
B. Wilayah
C. Kelompok
D. Kuota
E. Insidental
Jawaban: C
37. Penentuan topik penelitian harus memperhatikan hal-hal berikut ...
A. Ada acuan, dapat
dilaksanakan, berguna dan bukan duplikat
B. Bukan duplikat, ada buku
sumber, dan terjangkau tempatnya
C. Sudah ada peneliti
sebelumnya, praktis, dan terjangkau
D. Menarik, dapat
dilaksanakan, berguna dan bukan duplikat
E. Ada buku sumber, berguna
dan terjangkau biayanya
Jawaban: A
38. Keuntungan dan kelemahan wawancara adalah ...
A. Informasi yang diinginkan
dapat diperoleh secara cepat dan terdapat kesangsian dalam kebenaran jawaban
yang diperoleh, karena apa yang diucapkan oleh seseorang tentang kelakuannya
belum tentu sesuai dengan kelakuan sebenarnya.
B. Pewawancara yang
sensitif dapat menilai gerak-gerik, ada suara dan air muka responden
C. Menggunakan sejumlah
pewawancara memerlukan usaha untuk memilih, melatih, dan mengawasi staf pekerja
D. Dapat dipastikan bahwa
memang betul, respondenlah yang memberikan jawaban dalam angket
E. Dapat diperoleh
keterangan yang sedalam-dalamnya mengenai suatu masalah, terutama yang
berkenaan dengan pribadi seseorang
Jawaban: A
39. Seorang siswa peneliti mempunyai data penduduk Desa Manunggal
berdasarkan mata pencaharian setelah menghitung sendiri sebagai berikut.
Bertani
|
Pengrajin
|
Pedagang
|
Pegawai/ABRI
|
1.000
|
200
|
50
|
10
|
Berdasarkan proses perolehannya, data tersebut digolongkan ...
A. primer
B. Sekunder
C. Kualitatif
D. Kuantitatif
E. Statistik
Jawaban: A
40. Penulisan saran dalam laporan penelitian sebaiknya didasarkan ...
A. Hasil penelitian
B. Kesimpulan penelitian
C. Permasalahan penelitian
D. Hipotesis penelitian
E. Asumsi penelitian
Jawaban: A
SOAL KE-2
1. Beberapa remaja berusaha untuk tampil sama persis dengan
tokoh yang dikagumi. Dalam proses interaksi sosial tersebut sangat dipengaruhi
oleh factor….
a. identifikasi d.
empati
b. simpati e. sugesti
c. motivasi
2. Perhatikan
beberapa gejala sosial berikut!
1. Pelakunya lebih dari satu orang
2. Tidak ada komunikasi diantara pelaku
3. Mempunyai
maksud dan tujuan yang jelas
4. Dimensi waktunya adalah masa lalu
Dari
daftar di atas yang termasu ciri-ciri interaksi sosial adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1
dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
3. Perhatikan
contoh realita sosial berikut!
1. Anggota DPR dan DPD berdebat tentang
efektifitas pembangunan nasional.
2. Siswa SMA/MA se-DKI bertanding olahraga
untuk memperebutkan piala Gubernur Gubernur.
3. Para siswa berkumpul di halaman sekolah
untuk menyaksikan pentas music.
4. Siswa mengerjakan tugas secara
sungguh-sungguh supaya mendapat nilai terbaik.
Dari
contoh di atas yang merupakan interaksi sosial dalam bentuk kompetisi adalah….
a. 1
dan 2 d. (2) dan (4)
b. 1 dan 3 e. (3) dan (4)
c. 2 dan 3
4. Nilai-nilai
dalam masyarakat :
1. Makanan berguna untuk kesehatan badan.
2. Agama memberikan arah dan pedoman hidup.
3. Pakaian berfungsi melindungi jasmani
manusia.
4. Teknologi komunikasi berfungsi memudahkan
interaksi sosial.
Yang
mengandung nilai material dalam kehidupan bermasyarakat adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1
dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
5. Mengucapkan salam ketika
bertamu, menganggukkan kepala sebagai tanda hormat kepada orang lain, serta
membuang sampah pada tempatnya, merupakan contoh dari cara-cara bertindak yang
digemari oleh masyarakat sehingga dilakukan berulang-ulang. Apabila perbuatan
tersebut tidak dilakukan, maka dianggap sebagai penyimpangan. Contoh tersebut
menunjukkan jenis norma yang diterapkan adalah….
a. Usage/Cara d. Custom/Adat
b. Folkways/Kebiasaan e. Laws/Hukum
c. Mores/Tata Kelakuan
6. Hal
mendasar yang membedakan antara norma hukum
dan norma kebiasaan adalah….
a. Tempat d. Larangan
b. Waktu e. Sanksi
c. Perintah
7. Media
sosialisasi harus berperan membentuk kepribadian individu sehingga tidak
berperilaku menyimpang. Oleh sebab itu televisi atau media massa lain harus
bertanggungjawab dalam menjalankan fungsi….
a. Memberikan ilmu pengetahuan
b. Menanamkan
nilai dan norma sosial
c. Menyajikan hiburan popular dan/modern
d. Menjelaskan hasil pembangunan
e. Menyebarkan
informasi mutakhir
8. Bapak dan
ibu Sosro yang berasal dari Jawa Tengah mendidik putra dan putrinya secara
adat/tradisi Kejawen, dengan menggunakan bahasa Jawa Kromo (bahasa yang halus)
untuk berkomunikasi dengan yang lebih tua. Contoh tersebut menunjukkan adanya
hubungan yang erat antara….
a. Sosialisasi
dengan kebudayaan
b. Kepribadian dengan kedaerahan
c. Kebudayaan dengan keturunan
d. Lingkungan dengan kebudayaan
e. Kepribadian
dengan lingkungan
9. Pak Herman
menginginkan anaknya selalu disiplin dalam hidup. Ia sering memarahi dan bahkan
memukul setiap kali anaknya tidak disiplin. Pola sosialisasi dalam contoh
tersebut bersifat….
a. Partisipatif d. Edukatif
b. Akualitatif e. Normatif
c. Represif
10. Perhatikan
ciri-ciri penyimpangan di bawah ini!
1. Penyimpangan bersifat sementara dan pertama
2. Masyarakat dapat menoleransi penyimpangan
3. Penyimpangan dilakukan berulang-ulang
4. Penyimpangan sudah menjadi kebiasaan
Yang
termasuk ciri-ciri penyimpangan primer adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 3
b. 1 dan 3 e. 3 dan 4
c. 1 dan 4
11. Penyimpangan
merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal tercela
dan diluar batas toleransi. Pada hakekatnya, suatu tindakan dianggap menyimpang
apabila….
a. Dilakukan untuk tujuan tertentu
b. Dilakukan sebagian kecil orang
c. Terjadi
pelanggaran norma
d. Dapat ditoleransi masyarakat
e. Berdampak negative bagi individu
12. Gosip atau
desas- desus adalah berita yang menyebar secara cepat dan tidak berdasarkan
pada kenyataan. Biasanya terjadi, ketika kritik sosial secara terbuka tidak
dapat dilontarkan. Tujuan dari dilakukannya gossip adalah….
a. Memanaskan situasi d. Melakukan pengucilan
b. Mengendalikan penyimpangan e. Menciptakan efek jera
c. Meyakini
kebenaran tujuan
13. Rudi yang bolos sekolah satu kali dicap pembolos
oleh gurunya. Julukan sebagai pembolos dari gurunya juga diikuti oleh
teman-temannya. Karena perlakuan dari guru dan teman-temannya yang mencap Rudi
sebagai pembolos, maka ia kemudian mengulang perbuatannya secara terus
–menerus. Terjadinya perilaku menyimpang tersebut sesuai dengan teori….
a. Labelling d. Fungsi
b. Perilaku e. Konflik
c. Anomi
14. Perhatikan
pernyataan berikut!
1. Pemerintahan bersifat otoriter.
2. Masyarakat mematuhi norma secara sadar.
3. Pelanggaran dapat ditindak dengan tegas.
4. Ancaman sanksi dari pemerintah tidak jelas.
Pernyataan
di atas yang merupakan tujuan pengendalian sosial adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1 dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
15. Jenis
pengendalian sosial berupa berita yang menyebar secara tidak langsung dari
sumbernya dan belum tentu kebenarannya, tetapi berfungsi efektif adalah…..
a. Intimidasi d. Gosip
b. Cemoohan e. Hukum
c. Teguran
16. Perhatikan
pernyataan berikut!
1. Ibu menasehati anaknya agar tidak merokok.
2. Polisi menembak pencopet yang melarikan
diri.
3. Guru membacakan tata tertib sebelum ujian
dimulai.
4. Sekolah mengeluarkan siswa yang membawa
narkoba.
Dari
pernyataan di atas, yang termasuk pengendalian sosial preventif adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1
dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
17. Amatilah
gambar berikut!
Keterangan :
1
= Pekerja Profesional
2 = Pekerja
Terampil
3
= Pekerja Kasar
Pelapisan sosial pada
masyarakat seperti digambarkan di atas bersifat….
a. Homogen d. Statis
b. Terbatas e. Terbuka
c. Campuran
18. Perhatikan gambar piramida
sosial berikut!
Kesimpulan
dari gambar di atas adalah….
a. Kelas atas memiliki kekayaan banyak dan
jumlah anggota mayoritas
b. Kelas menengah memiliki kekayaan dan jumlah
anggota minoritas
c. Kelas bawah tergolong tidak mampu dan jumlah
anggota minoritas
d. Kelas
atas memiliki kekayaan banyak dan jumlah anggota minoritas
e. Kelompok menengah dan bawah berpendapatan
rendah
19. Pelapisan
sosial pada masyarakat modern bersifat terbuka dan demokratis, sehingga garis
pemisah antara lapisan sosial kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah tidak
bersifat tegas dan kaku.Kondisi tersebut terjadi karena adanya….
a. Perlakuan istimewa d. Perubahan secara otomatis
b. Perbedaan gaya hidup e. Perlakuan sama di depan hukum
c. Mobilitas sosial vertical
20. Perhatikan
gejala sosial berikut!
1. Penduduk Indonesia berasal dari berbagai suku bangsa
2. Ibu Yanti dialih tugas dari guru menjadi kepala sekolah di daerah
3. Siswa SMA berasal dari berbagai SMP Negeri dan Swasta
4. Pegawai negeri terdiri dari berbagai pangkat dan golongan gaji
Yang menunjukkan struktur
sosial horizontal adalah….
a. 1 dan 2 c. 2 dan 3 e. 3 dan 4
b. 1 dan 3 d. 2 dan 4
21. Kondisi
masyarakat majemuk jika tidak disikapi dengan baik dan adil, akan menimbulkan
konflik. Sebagai contoh munculnya konflik etnis yang dilatarbelakangi oleh
perbedaan….
a. Kepentingan d. Kebudayaan
b. Kepribadian e. Kepercayaan
c. Jenis agama
22. Penyelesaian
konflik dilaksanakan kedua belah pihak yang terlibat. Mereka secara
bersama-sama sepakat menunjuk pihak ketiga sebagai pembuat keputusan (wasit)
untuk menyelesaikan konflik. Penyelesaian konflik tersebut berbentuk….
a. Arbitrasi d. Negosiasi
b. Mediasi e. Konsiliasi
c. Konsultasi
23. Konflik yang
diikuti dengan tindak kekerasan sering terjadi ketika polisi Pamong Praja
menangani masalah penggusuran pedagang kaki lima yang berjualan di atas badan
trotoar jalan. Terjadinya konflik tersebut disebabkan oleh factor….
a. Perubahan yang terlalu cepat
b. Tuntutan kebutuhan ekonomi
c. Kebijakan politik dan ideology
d. Perbedaan kepentingan dan tujuan
e. Sub
kebudayaan yang menyimpang
24. Sikap
stereotip yang ditunjukkan oleh masyarakat multikultural dapat menghambat
proses integrasi nasional. Sikap ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan
dalam….
a. Profesi / Pekerjaan d. Keturunan
b. Wilayah e. Kebudayaan
c. Kepercayaan / Agama
25. Suatu organisasi politik
memiliki anggota dari berbagai kelompok ras, etnis, dan agama, sehingga
mendorong adanya kerjasama lintas kelompok. Bentuk interseksi keanggotaan
tersebut akan mempercepat proses integrasi nasional karena….
a. Menjadikan partai politik baru
b. Membentuk partai politik aliran
c. Muncul ikatan solidaritas antarkelompok
d. Menghilangkan latarbelakang politik
e. Mengedepankan
kepentingan politik
26. Dampak
negative menguatnya perkembangan politik aliran seperti membentuk partai politik
atas dasar agama adalah….
a. Memudarnya
ikatan sosial dalam kelompok
b. Memudarnya semangat nasionalisme
c. Memudarnya solidaritas dalam kelompok
d. Munculnya gerakan modernisasi
e. Menguatnya rasa kecemburuan sosial
27. Perhatikan
beberapa gejala berikut!
1. Perubahan kondisi sosial yang lambat
2. Ekspansi teritorial dan gerak populasi
3. Kelas-kelas sosial yang berbeda (heterogen)
4. Perbedaan rasial dan agama dalam masyarakat
Dari daftar di atas yang
merupakan factor pendorong terjadinya mobilitas sosial adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1 dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
28. Kolonialisme
Belanda di Indonesia menerapkan politik yang membedakan kesempatan untuk
mendapatkan pendidikan bagi golongan pribumi (bangsawan dan rakyat jelata)
sehingga mengakibatkan terhambatnya mobilitas sosial melalui pendidikan.
Berdasarkan paparan tersebut dapat diketahui bahwa penghambat terjadinya
mobilitas sosial vertical adalah….
a. Keadaan ekonomi d. Lingkungan sosial
b. Diskriminasi sosial e. Sosialisasi yang kuat
c. Situasi politik Negara
29. Seorang yang
memiliki latarbelakang sebagai guru SD berhasil menjadi pengusaha yang sukses
(konglomerat). Contoh tersebut menunjukkan telah terjadi mobilitas….
a. Horizontal d. Antargenerasi
b. Vertikal
naik e. Intragenerasi
c. Vertikal turun
30. Indonesia
dihuni oleh beragam suku bangsa yang tersebar di wilayah Indonesia. Sebab
terjadinya kemajemukan tersebut adalah….
a. Hilangnya identitas nasional
b. Isolasi
karena bentuk wilayah kepulauan
c. Banyaknya impor dari Negara lain
d. Berkembangnya hubungan politik dengan luar
negeri
e. Munculnya partai-partai politik baru
31. Suku bangsa Sunda memiliki wadah organisasi
yang dinamakan “Paguyuban Pasundan”, demikian pula suku bangsa yang lain.
Secara politis karakteristik masyarakat multikultur tersebut mengakibatkan….
a. Liberalisme d. Materialisme
b. Etnosentrisme e. Sosialisme
c. Nasionalisme
32. Beberapa
ciri sosial dalam masyarakat :
1. Kesadaran sebagai bagian internal dari kelompok
2. Status sosial berisi sejumlah hak dan kewajiban
3. Interaksi sosial sesama
anggota kelompok
4. Norma berfungsi mengatur hubungan sosial
Di antara
ciri-ciri di atas yang menjadi syarat utama terbentuknya kelompok sosial
adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1
dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
33. Perhatikan
gejala kesatuan sosial berikut!
1. Panitia acara Diklat KTSP di P4TK-Malang
2. Ibu-ibu PKK sedang menyusun program kerja
3. Menonton pertunjukkan Debus di lapangan Bola
4. Para tamu undangan hadir pada acara khitan anak
Dari contoh di atas, yang
tergolong bentuk kerumunan adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1 dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
34. Mahasiswa asal Maluku, tinggal bersama di
sebuah asrama milik organisasi masyarakat Maluku, mahasiswa Makassar tinggal
bersama di asrama lainnya yang berbeda. Struktur sosial primordial tersebut
berpengaruh negative terhadap….
a. Konflik horizontal d. Diferensiasi sosial
b. Integrasi sosial e. Proses amalgamasi
c. Dinamika sosial
35. Perhatikan
fenomena sosial berikut!
1. Pembangunan listrik masuk desa mendorong industry kecil.
2. PHK menyebabkan pengangguran meningkat dengan pesat.
3. Pembangunan sarana jalan di daerah terpencil sesuai anggaran.
4. Penggunaan mesin pertanian memicu sikap individualisme.
Dari pernyataan di atas yang
termasuk perubahan tidak dikehendaki
adalah….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 4
b. 1 dan 3 e. 3 dan 4
c. 2 dan 3
36. Salah satu
factor pendorong terjadinya perubahan yang berasal dari luar masyarakat adalah….
a. Konflik dalam masyarakat
b. Terjadinya revolusi atau pemberontakan
c. Bertambah atau berkurangnya penduduk
d. Terjadi penemuan-penemuan baru
e. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
37. Perubahan
mode pakaian merupakan bentuk perubahan sosial yang pengaruhnya kecil, karena….
a. Terjadi secara lambat dalam masyarakat
b. Tidak mengubah struktur sosial masyarakat
c. Telah
direncanakan oleh kelompok tertentu
d. Mempunyai
dampak positif bagi masyarakat
e. Perubahannya tidak merata dalam masyarakat
38. Krisis minyak bumi mendorong masyarakat Indonesia melakukan inovasi/penemuan
baru. Masyarakat berhasil menemukan minyak gas yang bahan bakunya dari sisa
kotoran hewan dan dapat dimanfaatkan untukl mengganti minyak tanah yang semakin
mahal.
Contoh
tersebut menunjukkan perubahan sosial yang disebabkan oleh factor ….
a. Kemampuan internal d. Dinamika sosial
b. Pengaruh eksternal e. Budaya masyarakat
c. Lingkungan alam
39. Perubahan
(dinamika) sosial akan selalu terjadi dalam masyarakat sebagai akibat interaksi
antarmanusia dan antarkelompok. Berbagai teori yang dikemukakan para sosiolog
seperti teori evolusi, teori konflik, teori fungsional, dan teori siklus
berusaha mencari factor-faktor yang menyebabkan perubahan (dinamika) sosial
budaya. Sumber perubahan tersebut dikelompokkan menjadi dua yaitu….
a. Internal dan eksternal d. Individu dan
kelompok
b. Asosiatif dan disosiatif e. Idiil dan materiil
c. Primer dan sekunder
40. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Keterangan :
1 = Primitif
2 = Tradisional
3
= Modern
Gambar di atas
menunjukkan proses perubahan sosial yang berlangsung menurut teori….
a. Linier d. Modern
b. Siklus e. Regress
c. Revolusi
41. Lembaga
sosial yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan hidup, bersifat informal, dan
berfungsi untuk pewarisan budaya secara alamiah adalah….
a. Keluarga d. Partai
b. Sekolah e. Agama
c. Pasar
42. Keluarga
berperan dalam membentuk kepribadian dan perilaku anak agar sesuai dengan
harapan orang tua maupun masyarakat. Fenomena tersebut menunjukkan, bahwa
keluarga mempunyai fungsi….
a. Afeksi d. Pengawasan
b. Sosialisasi e. Ekonomi
c. Proteksi
43. Pendidikan
memerlukan waktu yang panjang dan mendorong individu untuk studi lebih lanjut
hingga univeristas. Kenyataan tersebut menyebabkan adanya fungsi laten lembaga
pendidikan, yaitu….
a. Mempersiapkan individu untuk bekerja
b. Menunda perkawinan di usia muda
c. menanamkan sikap cinta tanah air
d. Memberi bekal
keterampilan tertentu
e. Memberi status sosial pada seseorang
44. Perdagangan
merupakan usaha mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen. Peran
penting lembaga perdagangan tersebut bagi kelangsungan hidup masyarakat
adalah….
a. Menyalurkan kebutuhan pokok bagi masyarakat
b. Menyusun pedoman tentang system pengupahan
c. Memberi layanan terbaik bagi masyarakat
d. Meningkatkan kerjasama sesame perusahaan
e. Mengatur pendapatan anggota masyarakat
45. Lembaga
hukum merupakan institusi pengendalian sosial yang memiliki kekuatan mengikat,
tegas dan jelas. Oleh sebab itu lembaga tersebut berisfat….
a. Informal lisan d. General
b. Formal tertulis e. Spesial
c. Non formal
46. Agar
peneliti bersemangat menyelesaikan pekerjaan penelitian sesuai jadwal, maka
topic penelitian harus memenuhi syarat-syarat tertentu, yaitu….
a. Menarik minat peneliti
b. Menjadi pusat perhatian
c. Penting untuk diteliti
d. Tersedia data
e. Bersifat faktual
47. Perhatikan
judul penelitian berikut : Peran Media Massa Bagi Pembentukan
Kepribadian Anak dan Remaja. Metode yang tepat dalam penelitian
tersebut adalah….
a. Deskriptif d. Eksperimen
b. Korelatif e. Historis
c. Komparatif
48. Tabel
pelajaran yang disenangi siswa IPS :
No
|
Mata
Pelajaran
|
Persentase
|
1
2
3
4
5
|
Matematika
Ekonomi
Bahasa Inggris
Geografi
Sosiologi
|
10
25
10
45
10
|
Jumlah
|
100 %
|
Dari data pada
tabel diketahui bahwa mata pelajaran yang paling disukai oleh siswa IPS
adalah….
a. Matematika d. Sosiologi
b. Ekonomi e. Geografi
c. Bahasa Inggris
49. Populasi dibagi atas kelompok menurut area, dengan
anggota-anggota yang tidak perlu homogen
sampel dipilih dari anggota-anggota unit yang bisa diambil dari seluruh elemen
dan hanya digunakan untuk populasi yang cukup besar. Hal ini termasuk kedalam
teknik pengambilan sampel..
a. Kuota d. Cluster
b. Sebanding e. Bertingkat
c. Acak Sederhana
50. “Pengaruh
media massa terhadap pendidikan politik rakyat Indonesia” pernyataan tersebut
adalah sebuah judul penelitian yang dipilih pleh seorang siswa untuk tugas
penelitian sosialnya di kelas XII IPS. Variabel bebas dalam judul penelitian
tersebut adalah…..
a. Media massa
b. Pendidkan politik
c. Pendidikan politik rakyat
d. Rakyat Indonesia
e. Media massa dan pendidikan politik
No comments:
Post a Comment